jump to navigation

Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang 16 February 2010

Posted by decazuha in Pesantren di Jawa Timur.
Tags: , , , , ,
trackback

Wujudkan Generasi Tasawuf yang Kuasai Iptek

Pesantren Darul ‘Ulum Jombang, ternyata bermula dari tanah petak yang suram. Desa Rejoso Kec. Peterongan tempat berdirinya pesantren ini – yang waktu itu masih berupa hutan – merupakan lembah hitam para penjahat. Para penduduknya kerap berbuat onar. “Pokoknya tingkah laku kesehariannya jauh dari praktek-praktek yang sesuai norma keislaman,” kisah Dra. Hj. Niswah Qonita As’ad.

Atas kenyataan itu, tak banyak orang berani melintasi Rejoso. Semuanya ciut nyali. Tapi tak demikian halnya dengan KH. Tamim Irsyad. Pemuda kelahiran Desa Pareng Bangkalan Madura itu, malah tertantang untuk memperbaikinya. Santri KH. Cholil Bangkalan yang sebelumnya sempat singgah di Desa Pajaran Jombang itu pun lebih memilih tinggal dan menjadikan Rejoso sebagai ladang dakwahnya.

Tahun 1885, KH. Tamim Irsyad memulai perjuangannya dengan mengajar mengaji. Dia dibantu menantunya, KH. Cholil – sosok alim yang pernah mengenyam pendidikan agama di bawah bimbingan KH. Hasyim Asy’ari di pesantren Tebuireng Jombang dan KH. Cholil Bangkalan.

Kyai Tamim yang mengajar al-Qur’an dan ilmu hukum syari’at, sementara Kyai Cholil membina mental spiritual santri dengan gemblengan ajaran tasawuf lewat amalan Thareqat Qodiriyah Wannaqsabandiyah. “Dua keilmuan itulah yang akan selalu melekat pada pengajaran di pesantren ini,” ujar Pengasuh Asrama Putri XI Muzamzamah-Chosi’ah ini.

Jejak langkah dakwah dua kyai tersebut seakan menemukan cahaya. Metode dakwah yang mereka kembangkan ternyata diminati banyak orang. Ada sekitar 200 santri yang ingin belajar. Mereka tak hanya datang dari Jombang, tapi juga Mojokerto, Surabaya, Madura bahkan Jawa Tengah. Karena banyak yang berasal dari luar kota, Kyai Tamim pun merasa harus segera mendirikan pondok para santri.

Tahun 1898, Kyai Tamim pun mulai mendirikan sebuah surau dan membangun sebuah tempat lagi pada tahun 1911. “Surau itu sendiri hingga sekarang masih terawat baik dan masih dipakai balai pertemuan dan pengajian,” terang anak keempat pasangan KH. M. As’ad Umar dan Nyai Hj. Azzah As’ad ini.

Pengajaran di pesantren ini pun semakin berkembang pesat seiring datangnya KH. Syafawi – adik KH. Cholil – yang mengajar bidang studi ilmu tafsir dan ilmu alat. Sayang, Kyai Syafawi tak berusia panjang. Pada tahun 1904, dirinya wafat. Dua puluh enam tahun berselang, Kyai Tamim menyusul. Maka, pesantren ini pun hanya menyisakan Kyai Cholil sebagai pengasuh tunggal.

Dalam kesendirianya, Kyai Cholil sempat mengalami jadzab. Untunglah, kondisi itu tak berjalan lama. Dia pun tak sendirian lagi mengasuh pesantren. Sebab tak lama kemudian, KH. Romly Tamim tampil seusai nyantri di Tebuireng dan berguru kepada KH. Akhmad Jufri Karangkates Kediri, serta KH. Zaid Buntet Cirebon. Putra ke dua Kyai Tamim Irsyad itulah yang kemudian meneruskan tugas dan tanggung jawab ayahnya dalam pengajaran ilmu syari’at.

Tahun 1937, Kyai Cholil wafat. Dia digantikan anaknya, KH. Dahlan Cholil yang sempat mengenyam pendidikan agama di Makkah seusai nyanti di Tebuireng. “Kyai Romly dan Kyai Dahlan lah yang kemudian memimpin perkembangan pondok pesantren pada periode pertengahan (1937-1958),” jelas perempuan kelahiran Jombang, 26 Februari 1969 itu.

Di tangan kedua tokoh muda inilah, lembaga pendidikan dakwah islamiyah ini mulai menunjukkan identitasnya. “Mereka memberikan nama untuk pesantren ini dengan sebutan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum yang berarti rumah ilmu,” papar alumnus S1 Jurusan PAI Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta ini.

Pengkajian ilmu pengetahuan pada periode ini semakin pesat dan tidak hanya berkutat pada ilmu agama saja. “Wawasan keilmuan yang bersifat umum mulai diberikan,” tukas suami H. Ali Muhsin, M.Pd.I atau yang biasa dipanggil Gus Ali ini. Pembagian tugas antara tokoh-tokoh yang ada pun semakin jelas dengan dibentuknya struktur organisasi pondok.

Kyai Romli Tamim, urai ibu tiga anak ini, memegang kebijakan umum Pondok Pesantren serta ilmu thasawuf dan thareqat Qodiriyah Wannaqsyabandiyah. Sementara KH. Dahlan Cholil memangku kebijakan khusus siasah (manajemen) dan pengajian syariat plus al-Qur’an. Kyai Ma’soem Cholil – adik Kyai Cholil Dahlan – mengemban organisasi sekolah dan manajemennya. Sementara Kyai Umar Tamim – adik Kyai Romli Tamim – sebagai pembantu aktif di bidang kethareqatan. “Semua tugas tersebut masing-masing dibantu oleh santri-santri senior, seperti KH. Ustman Al Isyaqi yang berasal dari Surabaya dalam praktikum thareqat Qodiriyah Wannaqsyabandiyah,” jelas Dosen PAI Fak. Tarbiyah UNIPDU itu.

Pada tahun 1938, didirikanlah sekolah klasikal yang pertama di Darul ‘Ulum yang diberi nama Madrasah Ibtidaiyyah Darul ‘Ulum. Sebagai tindak lanjut pendidikan MI tersebut, tahun 1949 didirikanlah Madrasah Mu’allimin (untuk putra). Sementara untuk putri, baru dibangun tahun 1954. “Siswanya waktu sudah mencapai tiga ribu orang,” ujarnya bangga.

Anggota jam’iyah Thareqat Qadiriyah Wannaqsabandiyah pun bertambah jumlahnya. Selain Jombang, jamaah yang tergabung berasal dari daerah-daerah kabupaten lainnya di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat, bahkan ada Sulawesi Selatan. Hingga sekarang, kita masih bisa menyaksikan ritualnya di pusat latihan Rejoso jika jam’iyah ini mengadakan perayaan khusus bagi warganya. “Yang lazim adalah tiga kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Sya’ban, bulan Muharrom dan bulan Rabi’ul akhir,” terang pembina pengajian muslimat NU Kec. Peterongan tersebut.

Duka pun menyelimuti keluarga pesantren Darul ‘Ulum, ketika tahun 1958 dua tokoh sentralnya meninggal. Kyai Dahlan wafat di bulan Sya’ban, disusul Kyai Romly pada bulan Ramadhan. Pesantren Darul ‘Ulum pun mengalami kesenjangan kepemimpinan, terutama dalam bidang thareqat dan ilmu al-Qur’an.

Beruntung, Darul ‘Ulum masih memiliki Kyai Ma’soem Cholil. Sayangnya, estafet kepemimpinan kepada Kyai muda ini pun tak berlangsung lama. Sebab tiga tahun berselang, dirinya wafat. Darul ‘Ulum kembali bangkit seiring tampilnya Kyai Bisri Cholil dan KH. Musta’in Romly sebagai pemimpin utama. Darul ‘Ulum pun banyak mengalami perubahan dalam bidang struktur organisasi, bidang bentuk pendidikan maupun dalam bidang sarana fisik.

Pada tahun 1965 didirikanlah Universitas Darul ‘Ulum sebagai kelanjutan wadah pendidikan. Universitas tersebut memiliki enam Fakultas: Alim Ulama (Ushuluddin), Hukum, Sosial-Politik, Pertanian, Ekonomi, serta Ilmu Pendidikan.

Ketika tampuk kepemimpinan dilimpahkan kepada KH. M. As’ad Umar, pesantren ini mengalami masa keemasan. Tugas kelembagaan semakin diperinci sesuai profesi perseorangan yang duduk di personalia lembaga. Maka, selanjutnya di pesantren ini ada tiga lembaga: Yayasan Darul ‘Ulum, Yayasan Universitas Darul ‘Ulum dan Yayasan thareqat Qodiriyah Wannaqsyabandiyah. “Masing-masing yayasan terikat oleh nilai dan norma misi kelembagaan Darul ‘Ulum yang termuat dalam garis besar Khiththah Trisula,” jelasnya.

Sekarang, pesantren ini telah memiliki 16 sekolah formal: MIN, MTsN, MTs Plus, MAN, MA Unggulan, SMP I, SMPN 3 Unggulan, SMA DU I Unggulan BPP-Teknologi, SMA DU II Unggulan BPP-Teknologi (RSNBI), SMA DU III, SMK I & II, SMK TELKOM, Sekolah Tahassus Al-Qur’an, UNIPDU dan UNDAR. Pesantren ini juga mengembangkan sekolah non formal. Diantaranya Pendidikan Kepramukaan, Pendidikan Leadership, Pengajian Weton (lima hari sekali), Pengajian Bandongan dan Sorogan, Pendidikan Qiro’at al-Qur’an dan Pendidikan Kader Organisasi.

Pesantren ini juga ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai. Darul ‘Ulum memiliki 14 gedung sekolah formal dengan 108 lokal, dua gedung keterampilan, sembilan aula pertemuan, satu masjid dan sebelas mushala, serta dua kantor pusat dan tiga belas kantor unit. Pesantren ini juga dilengkapi 4 kantin makan, 6 sarana wartel, 1 pusat koperasi, 1 unit kantor Bank, 1 unit Usaha Kesehatan Pondok (UKP), 5 Lab. IPA, 8 Lab. Bahasa dan 1 Lab. Komputer.

Untuk menampung sedikitnya 7.000 santri, telah disediakan 34 gedung asrama dengan total 234 kamar. Bagi mereka yang gemar berolah raga, pesantren telah menyediakan 2 lapangan sepakbola, 8 lapangan bulu tangkis dan 8 lapangan basket, serta 13 lapangan tenis meja. Semua sarana itu semakin lengkap dengan hadirnya gedung Islamic Center dan Rumah Sakit UNIPDU. “Mudah-mudahan kami dapat segera merealisasikan pembangunan yang lebih berkualitas. Sebab, apa yang kami miliki ini masih dibangun di atas tanah seluas 6 Ha dari 40 Ha yang kami miliki,” ucapnya berharap.

Semua siswa yang bersekolah di Darul ‘Ulum wajib tinggal dan mengikuti pelajaran di asrama. Sama seperti pondok beraliran salaf lainnya, selain mengkaji kitab kuning, banyak aturan ketat yang harus dipatuhi para santri. Diantaranya, santri tidak boleh membawa HP dan dilarang merokok. Bagi santri yang berniat membawa Laptop pun harus dititipkan. “Setiap penggunaan fasilitas komputer dan internet, pasti ada yang pengawasnya. Kami telah menyediakan area khusus untuk semua itu,” ujarnya.

Dengan semua fasilitas tersebut, lulusan pesantren Darul ‘Ulum diharapkan tidak hanya fasih dalam ilmu agama, tapi juga menguasai IPTEK dan memiliki mental spiritualitas yang mumpuni. “Sekolah untuk kuasai IPTEK, Asrama guna mendalami ilmu agama, serta pengamalan thareqat Qadiriyah Wannaqsabandiyah buat membentengi dan menyucikan hati,” tandasnya. Ded

Advertisements

Comments»

1. dewi purana dayu - 14 March 2010

enak lho,,, mondok di darul ulum…..palagi asramanya muzamzamah-chosi’ah enk lho udah pengasuhnya baik” lagi,,,palagi skul d mtsN nya emm enk bgt tp bgi yg pgn belajr agama lho ya,,,
enk kok agamax d mtsN ,,,,,,
aq yg bru msuk ja seneng kok skull d situ palagi ka”k klznya baik” bgt,,, palagi mb’ dewi 9bhe tu orgnya baek bgt,,,,,,,
n ka”k klz 9che mb’ zahro baek bgt..
pkk’e wenak mondok ndek darul ulum,,,,,

mukaromah purwati - 17 March 2011

gmana cra msuk pondkx,,
aslix sech pgen…berhubung gak tw car daftarx tu gmana………??/

ganesa - 20 December 2012

langsung aja ksana isi formlir pendaftaran n pilih scool yg cocok mnurut kamu coz banyak pilihane ,………

ganesa - 20 December 2012

ooo mbak dewi masi disituta lam ja ya dwy mdak dewi

2. nuraini istianah - 3 May 2010

wahhh….. bagus bnget dari segi keilmuan keagamaan, teknologi, dan asrama sangat mendorong kualitas belajar siswa/siswi.

tria puspa - 26 May 2010

LALU KEGIATAN APA AJA YANG AXIS N BIASANYA DIKERJAIN

sylvi - 20 November 2010

yah,.,..,.
sperti d pondok2 lain.,.,.,.,.
ngaji..,.,
solat brjamaah,.,.,.

di dalam pondok ini,.,
qta bisa memilih asrama yang qta inginkan.,.
bsa mmilih sekolah dgn kmampuan masing2 individu

ad byk skolah d pondok ini.,.,
dr sd-kuliah juja ad

dr yg negri – islamiyah juja ad

M.turmudzi - 9 February 2012

Ass…wr.wb.ane jg merasa bangga lahir batin krn ane telah belajar baik ilmu umum /agama yg dibimbing para kiyai,guru.yg baik2 smg segala ilmu yg kt pelajari ak bermanfat buat diri kt,keluarga dan orang lain…Amin…(M.turmudzi…alumni PPDU 1993-1996)

ita handika - 28 September 2015

Apakah anda pux pin bb atw almat facebook alumni SMADU 1 thun ajaran dmna bpak masduqi mahmud menjbat kpla skolah?soalx sya kangen banget pengen ngbrol dgn smua tmen sya alumni SMADU1
Trimksih …

3. aRina manna siKana aKbaR - 17 August 2010

.alhamdulillah . .
.teRnyata mondOk d daRul ‘uLum ini menoRehkhan kebanggaan teRsendiRi
.mesKi RasanYa beRat unTuk jauh daRi oRang tua. . .
.qTa merasakan Ribuan baRokah,jujha manFaat

.di bumi darul ulum tercinta ini membuat saya mengerti akan hal berbagi,kebersamaan jujha suka maupun duka

.di alkautsar tercinta (al-kaphi comunity)
.aRkamsonex
.adalah rumah yang bercahaya di darul ‘ulum ini

.di MTs Plus darul ulum,d klas 8b,saya mendapatkan banyak ilmu agama dan umum..
.sbagai contoh saya sekarang hafal beberapa hadist
.DARUL ‘ULUM
.4ever in my heart

dede fitriyah - 2 July 2012

pengen tau mb ,……… tapi aku pengen y mondok sambil kerja ,. da ngga ,…………..
tapi ntar 1 tahun mendatang , coz msih scool di smk,…………

ganesa - 20 December 2012

bisa aja asal kita mau komfirmasi sama pengasuh2nya….baik kyai or bu nyainya ………enak kok disana pengasuhnya baik2….kita dah dianggap anak2 mreka sendiri….

4. iqbal khoironi - 19 August 2010

aku kangen dengan suasana di darul ulum tercinta……….pengen kesana lagi dan mondok lagi…i love DU

5. fera diasty - 20 August 2010

Iya senang sekolah di sini. Suka dan duka. Plus dan minus, tapi semuanya berkesan.
Alhamdulillah

6. ayu l.j - 27 August 2010

kangen banget sama DU,,,
pengen ke sana tapi belom ada a…waktu…
do’akn saya bisa ke san

7. malikatu rosyidah - 5 September 2010

ea..uenak loch mondok d.du…
..da fasilitas.na lengkap berstandar naional agie
..skul.na byak yg udah jdi sbi loch!!!
..pa agie skul aqwuu..
..smpn3 peterongan slah satu skul negeri yg da d.pondok sbi agie…

..pkoke du kren abieeez…
..luph u…

8. Aditya Laksmana - 7 September 2010

wah…Keliatannya Menarik Untuk d kunjungi nieh..eheheeehee

9. kumil laila - 17 September 2010

. .low mOndog ndx DU enax skulx MAN taO SMA ea????????????

Indra - 10 November 2010

sama enaknya Yg FentinK Seriuoss..

10. menik - 25 September 2010

AsalamuAlaikum Wr wb ….
Kami org Tua mempercayakan menitipkan Anak kami di pesantren Agar mendapatkan ilmu yg berguna bagi agama dan negara ini utk menjadikan Atensi bagi pengasuh pembibing masalah :

1 kedisiplinan
2 pengawasan
3 etika / Ahklak
4 kegiatan dalam pondok

karena masih ditemui adanya santri2 yg tdk mencerminkan Etika seorang santri Arogan berbau premanisme tidak disiplin

pengawasan pengasuh agar ditingkatkan

bimbingan pengasuh kegiatan didalam pondok
perlu masalah ibadah penambahan misal
Sholat dhuha berjemaah
sholat tahajud berjemaah dll

terutama pondok hijau agar mendapatkan Atensi khusus
pondok Tinggi perlu peningkatan2

Kebersihan sebagian dari Iman masalah kebersihan
keindahan perlu ditingkatkan

Etika diluar pondok msh adanya ketidak disiplinan
berkendaraan

Nasehat : DENGAN ETIKA / AHKLAK ANDA MEMBAWA NAMA
BAIK PONDOK PESANTREN DARUL ULUM

11. layyina nana - 26 September 2010

waw.. emank ceruu ckula, ngaji , d darul ulum..
banyak pngalamn yg gaa kn di temui d laen tmpt..
pkok x ceru de carrii ilmu d cini..
ciipp dechh 🙂

12. arina - 16 November 2010

.hu.Umpt.,.,d sini ugak pandang bulu.,dari sabang merauke.,smua ada

13. tita - 22 November 2010

sy pelajar kls 6 di salah satu MI unggulan di madiun. rencana sy akan meneruskan di smp 3 unggulan darul ulum. mohon informasinya waktu pendaftran, fasilitas, biaya. terimakasih

avida - 4 February 2011

kalo mau tau lebih lanjut tentang smp 3 peterongan, bisa dia akses di website smp 3..

14. Nikee - 29 December 2010

Rencananya akk mau mondok d Darul ulum,kalo d asramanya ittu satu kamar berapa orank???,trusss Yg sderajatd dgan SMA SBI ntu MAN,atoo SMA(SMA brpahaa???)???,,,
Satuu laagii buatd PSB 2011 kapan mulai pendaftrand n materi yang diujikand apha ajjahh???

15. aliya nur ifada - 3 February 2011

saya mau tanya,, kpn pendaftarannya…?

16. sintia bahar - 18 February 2011

sya adlh slah stu mrid dri smp 1 bungku tengah kab.morowali sulteng…sya ingn lnjut kls 3 d’DU,,mhon info pnddikan dn no tlfon..
Trimaksh..

ganesa - 20 December 2012

BUKA AJA DI GOOGLE TENTANG PP DU SMUA ADA KOK

17. cydha - 24 February 2011

DU kngen nich……………
pngenx ce kmbli ksna pie gag mumngkin jga…hehehe

18. putri - 21 April 2011

smpn 3 peterongan

19. riedha shita - 23 April 2011

da tmendny gag ea . . inzaallah aq mw nerusin k sana ….

20. lhya - 19 May 2011

laach….klo bnyak ngji a’ gmn??????bnyak taziran a’ g??????klo ya gmn>????? enak bnrn g ciii????

21. Achmad AA - 29 May 2011

Darul Ulum …
tunggu aku yak…

22. Soelistyawati Sh - 15 June 2011

Sy ingin mendaftarkan putra kami di Mts Darul Ulum bagaimana syarat2nya dan bagaimana caranya( dimulai kapan ?) sekaligus tinggal di Ponpes Darul Ulum berapa biayanya. Dan satu lagi , putra kami ini mempunyai kemampuan agama yang masih minim apa bisa diterima di ponpes Darul Ulum ini, mohon tanggapan. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih

23. ietha - 22 October 2011

SMA Unggulan Darul Ulum dan Pondok Hijau, aku merindukan suasana di sana 😦
Yang mau tahu tentang Darul Ulum langsung sj ke Jombang – Jawa Timur,semua infomasi ada di sana,tinggal keliling tanya sama Pak Becak. Masalah harga, dari yang murah sampai mahal ada.tinggal menyesuaikan budget aja.masalah kamar isi 10 orang sampai 50 orang perkamar ada,tinggal pilih mau di asrama berapa 🙂
Darul Ulum semua ada, makasih untuk para Kyai dan Asatidz, skrg sy sdh M.Sc dari Jerman,semua berkat Darul Ulum juga 🙂

24. iva - 22 November 2011

klo nleh tao nma nasyid darul ulum pha ea…?

25. ekha - 26 November 2011

rencananya Ku MaU MsuK SMAN DU n MsUk peSanter sana !!!!
Tolong KsiH iNfoRmAsI nYa ya
TeNTang TgL PenDaFtran,AdMiNisTrasi,dan informasi2 Lain nya
Tolongya…….:)

26. ahmad tobi'in - 2 December 2011

DARUL’ULUM is the best
JAMA’AH
SEKOLAH
NGAJI

27. Faraz - 13 January 2012

assalamualaikum…..
rencana saya akan mneruskan pendidikan saya d darul ulum….
saya trtarik dg fasilitas yg ada…

trimakasiih….

28. fitriatul afifah - 22 January 2012

‘,.aq pengen mondok k DARUL’ULUM
,kayak.e asyiiiikkkkkk dech

,.kira2 ada universitas.a nggx eaaaa???????????

29. Ira Mentaribooks - 27 January 2012

Dear Principle and Teachers,

We are glad to invite you to CAMBRIDGE DAY 2012.
It will be held:
Time: Thursday, 4 February, 2012
Venue: Shangri-La Hotel, Hall A Ballroom
Jl. Mayjend Sungkono No. 120 Surabaya
Time: 08.00 am – 15.30 pm
We strongly advise you to register immediately since the seat is limited.

Thank you.
Regards,
Ira Lidya M
Mentaribooks

30. Luthfia - 28 January 2012

pondok ini Salaf,Qur’an tau gimna?

31. lukman habib - 16 February 2012

darul ulum terbaik dari yang terbaik
DU 1 is the best

ibad - 2 March 2012

AQhU SEsUNGGUHNYA SuKA DEnGAN PONDOK DArUl uLum taP1 aqHu Mau p1ndah ke pOndok suci gresik,.,.

32. issmiyati sag - 21 March 2012

Ass ning ita saya dl alumni du thn 92-96 dr asrama 3 nusantara,sek tinggaall di bali,insy ingin menyekolahkan anak ssaya jenjang sma unggulan. Di du sistem peendaftarannya gimana gih saya kangen sekali suasana du semoga ning ita ingat. Saya trims

33. Ely - 23 March 2012

assalamualaikum wr. wb.
saya ingin melanjtkn pnddkan saya di DU.
tolong di informasikan 1 kmr kr2 brp orng? brp biaya pndftrnx?

34. Luluk Mutiah - 30 March 2012

SMA unggulan di DARUL ULUM untuk pendaftarannya udh di tutup ta???

35. miftahul jannah - 3 April 2012

pengin tau lebih detail untuk sma/smk nya apa saja

36. enis - 5 April 2012

aq rencananya mau ngelanjutin ke sana. gmana sekolahnya ya?

37. Arief - 16 April 2012

kakak2 kapan pendaftaran dibuka dan pa syarat2nya bisa masuk ke situ??

38. faraz auqi fahlila - 30 April 2012

asalamualaikum..
selain tata tertib yg di jelaskan,ada tata tertib apa lagi d ponpes darul ulum?…
aq tahun ini insya allah mw nglanjutin d sna…
n’ skalian mw cari temen hehehe
follow aq:@farazauqi
add facebook:ayazfaraz30@yahoo.com
terima kasih….

39. sheila lutfi florensa anam - 13 May 2012

saya siswa madrasah kls 6 n saya mw mlanjtkan k pp du kira” prsyaratanya msuk d smpn 3 peterongan apa ea,tlong d blz__!
from:florensa

40. Qurrotul A'Yun - 16 May 2012

assalamualaikum wr.wb
mohon informasi persyaratan msuk SMA DU 1, dan jika di perknankn sya mnta no tlp ponpes DU 1 , terimakasih 🙂
tolong segera di bls 🙂

41. Faqihudin Anwar - 17 May 2012

Jama’ah, ngaji, sekolah, apalan, lalaran..

masuukk!!

42. APe - 17 May 2012

O yaa. bener banget tuh…
tapi kalo di tambah rasa tawadhu’ kepada kyai, tambah joss…!!!!!

43. Chie Nenkz AtHu - 4 August 2012

kalau ngenai biaya gmn????????????
1bulannya brp????????????

44. Raynaldi Pangestu - 11 November 2012

pendaftarannya kapan

45. firda rahmawati husniyah - 18 January 2013

assalamualaikum wr.wb
saya minta maaf sebelum nya , saya punya adek perempuan , nah sekarang adek saya , akan msuk ke SMA , tetapi adek saya mnta bwt menimbah ilmu di PONPES DARUL ULUM jombang , nah, karna itu maka saya ingin menyampaikan beberapa pertanyaan :
1.waktu pendaftaran santri baru tahun 2013-2014
2. biaya bulanan , serta tahunan
3. biaya asrama putri
4. syarat-syarat pendaftaran , serta syarat-syarat menjadi santri ponpes DARUL ULUM
dan sekian yang perlu saya sampaikan , sukron kasiron

46. firda rahmawati husniyah - 18 January 2013

assalamualaikum ..
maaf ada 1 pertanyaan , fasilitas nya appa saja dan apakah msh mengikuti biaya asrama santri
sekian dan terima kasih ,SAYA TUNGGU BALASAN NYA
wassalamualaikum …

47. fila luthfi lamongan - 4 February 2013

ADUCH………. so sweet.. tw gc, q-ta juga mw mnyusul dsana….. q-ta sngat” kpingin skolah dsana……… pngin………

48. nila - 27 March 2013

saya ingin…bgt sklh di MAN Darul ulum. sy cari di internet pendaftaran siswa baru 2013/2014 kok blm muncul. Tolong informasikan secepatnya…maux minta brosur tp rumah sy di jember

49. yulianaverst - 31 March 2013

assalamualaikum ..
saya juga ingin bertnya sama persis seperti yg di tanyain mbk Firda R. krna adek cew sya jga ingin mnimba ilmu di Ponpes DU….
terimaksih seblumnya saya tunggu infonya..

50. Naifah Ariqah Umam - 2 April 2013

Assalamualaikum.. Saya mau tanya??(boleh kan) 🙂 kalo mau masuk SMPN 3 PETERONGAN persyaratannya apa? (Pasti tau dong) 🙂 soalnya aku mau banget skolah dan menimba ilmu disana!! Itu impian sya dari klas 4 MI 😀 tlng bls ya secepatnya ! 😉 ok Assalamualaikum… 🙂 ^_^ Follow Me : @naifah_ariqah

51. Naifah Ariqah Umam - 2 April 2013

I LIKE DARUL ULUM @naifah_ariqah

52. Rasyid Mukhtar - 4 July 2013

Assalamu’alaikum Wr.Wb
saya wali santri dari Ananda M. Fathur Rizqi Rasyidi dari Jawa Barat Indramayu…….. di Asrama Bani Umar kamar IX masuk di MTs Plus DU tahun ini TA 2013-2014, harapan kami sbg ORTU di MTs Plus agar lebih banyak mengenal pelajaran kitab2 klasik dan mahir Arab-Inggris sebagai Program Khusus nya….. titip putra kami …Matur Nuwun
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

53. Irfan Faqih - 21 July 2013

Cara Pindahan Gimana?
Dan Masalah Biaya Gimana?

54. Erna - 6 October 2013

Subhanaalloh, q dari dulu pengin mondok tapi takut biayanya mahal..

55. yani - 13 April 2014

q ingin ..bnget mondok ..di darul ‘ulum ,,

56. ikka tyast - 12 May 2014

Assalamu’alaikum.. gimana ya caranya daftar di pondoknya sama di MAN Darul Ulum tahun ajaran 2014-2015.. aku cari di internet kok belum ada?

57. pendkn - 30 December 2014

Assalamualaikum adik adik calon penghuni surga, sekedar berbagi pengalaman ….saya pernah mondok di DU asrama 4/kamar y4 bu Nyai Sholicha dan sekolah di SMA DU 3 .alhamd berkat barokah pesantren sekarang saya menjadi dosen dan mendapat beasiswa S3, insya allah kita akan mendapatkan ketenangan dunia akhirat dan ilmu yang bermanfaat….amien

58. Via-chan - 27 March 2015

Assalamualaikum.
Saya kelas 3 smp. Untuk tahun ini, saya ada rencana untuk masuk ke sma 1 darul ulum. Tolong informasi tentang biaya, pendaftaran, fasilitas, dan yang lainnya. terima kasih.

59. firda - 9 January 2016

Assalamualaikum..
Saiia mw tanya bagaimana caranya saiia pengen masuk di unipda sambil nyantri di lingkup pesantren.tapii kendala saiia di bagian ekonomi yg dasarnya saiia dari golongan keluarga tidak mampu.tapii saiia ingin sekali mencapai cita” saiia menjadi mahasiswi unipda tahun 2016 ini.
Mungkin ada solusitepat yg tepat bagi masalah saiia ini?
Terimakasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: